Sabtu, 13 Juli 2019

Nutrisi dan manfaat buah Blewah yang baik untuk kesehatan

Buah blewah atau bisa juga disebut cantaloupe, mempunyai bermacam-macam nutrisi, gizi, serta digadang-gadang baik untuk yang menjalankan diet rendah kalori. Beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada buah blewah antara lain ialah sumber serat, zat antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, sumber vitamin A, vitamin B dan sumber vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Kandungan di dalam Buah Blewah


Komposisi manfaat buah blewah sendiri begitu banyak mengandung gizi. Buah blewah diketahui mempunyai mineral dan vitamin serta serat makanan yang mempunyai banyak manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dari The Journal of Food Science meneliti bahwa, 100 gram blewah rata-rata mengandung :


  • Vitamin A – 3382IU (mencukupi sampai 68% kebutuhan harian vitamin A)
  • Vitamin C – 36,7 mg (mencukupi 61% kebutuhan harian vitamin C)
  • Vitamin – B6 0,1 mg
  • Mineral Kalium – 267 mg (mencukupi 8% kebutuhan harian kalium)
  • Folat – sebanyak 21 mcg (mencukupi 5% kebutuhan harian akan folat)
  • Protein– 0,8 g
  • Magnesium – 12,69 mg
  • Mangan – 0,03 mg
  • Natrium-16mg
  • Tembaga – 0,05 mg
  • Seng – 0,10 mg
  • Kobalt – 0,003 mg
  • Karbohidrat– 8g
  • Krom – 0,005 mg


Berikut ini merupakan manfaat buah blewah yang baik untuk tubuh Anda:

1. Mencegah kanker. Seperti yang telah disinggung di atas, buah blewah mengandung sumber antioksidan yang banyak ibarat flavonoid ibarat beta karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Para zat antioksidan tersebut, berperan melindungi tubuh serta sel dan struktur tubuh lainnya dari kerusakan tekanan DNA. Banyak penelitian yang juga telah memperlihatkan bahwa buah blewah bermanfaat untuk mencegah kanker pada seluruh kepingan tubuh lantaran kandungan antioksidannya.

2. Rendah gula dan kalori. Blewah termasuk jenis buah rendah gula dan kalori. Oleh lantaran itu, blewah baik dikonsumsi untuk menurunkan berat tubuh dan menjaga kesehatan tubuh.

3. Kalium. Kandungan kalium dalam blewah membantu dalam menurunkan tekanan darah.

4. Baik untuk kesehatan kulit. Biasanya buah-buahan yang berwarna oranye ibarat wortel, ubi jalar, labu dan tentu saja blewah, merupakan sumber karotenoid (pigmen organik tumbuhan) tinggi yang bisa mengurangi risiko kanker kulit, Karotenoid juga mempunyai kegunaan untuk menghilangkan rasa sakit dan kerusakan yang terkait dengan sengatan matahari. Pigmen karotenoid juga sanggup mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis-garis halus, perubahan warna, dan keriput. Kaprikornus dengan makan buah blewah secara rutin, sanggup menimbulkan wajah dan kulit tetap abadi muda.

5. Melancarkan pencernaan. Buah blewah ialah buah yang sangat menghidrasi tubuh lantaran kandungan airnya yang melimpah. Blewah cukup baik bagi pencernaan lantaran bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh, membuang racun, dan membantu usus mencerna makanan dengan baik. Setelah itu, manfaat buah blewah juga sanggup membantu zat karbohidrat yang sulit dicerna, yang bisa memicu tanda-tanda Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan gangguan pencernaan lainnya.

Lihat juga : Tips Cara Mudah Mendaftar Dan Manfaat Laba Bpjs Kesehatan

6. Batu ginjal. Sebuah penelitian memperlihatkan blewah sanggup mengurangi risiko kerikil ginjal dan tulang keropos.

7. Mengatasi Insomnia. Buah blewah mempunyai sifat sedatif yang mana sifat ini sangat bermanfaat bagi penderita insomnia. Sifat sedatif ini sama halnya dengan obat tidur. Kaprikornus bagi penderita insomnia, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi blewah supaya bisa menangkal insomnianya tersebut. Selain itu, manfaat coklat juga memperlihatkan pengaruh ketenangan yang akan memudahkan tidur.

8. Kaya vitamin C. Buah kaya vitamin C, berperan sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Blewah dipercaya bisa mencegah penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya.

9. Menurunkan Berat Badan. Blewah bisa menurunkan berat badan, lantaran buah blewah mempunyai kandungan yang rendah gula dan kalori. Oleh lantaran itu buah blewah baik jikalau dikonsumsi ketika menjalani jadwal diet, yang sekaligus bisa untuk menjaga kesehatan tubuh.

10. Menurunkan Tekanan Darah. Kandungan kalium, manfaat vitamin C dan potasium dalam blewah membantu dalam menurunkan tekanan darah, disamping juga bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Bahkan buah ini tidak mempunyai kandungan kolesterol sama sekali. Oleh lantaran itu, blewah ini sangat kondusif bagi penderita yang mempunyai duduk masalah kolesterol dan tekanan darah tinggi.

11. Penangkal insomnia. Blewah mempunyai sifat sedatif, yang bermanfaat bagi penderita insomnia. Ingin tidur pulas? Makan blewah!

12. Non-kolesterol. Buah ini tidak mempunyai kandungan kolesterol sama sekali. Jadi, ini sangat kondusif bagi penderita duduk masalah kolesterol dan tekanan darah tinggi.


13. Mencegah Asma. Blewah ialah sumber kaya vitamin C dan beta-karoten. Nutrisi ini sangat membantu dalam menurunkan risiko asma.

14. Meningkatkan Imunitas. Blewah menyediakan vitamin C, vitamin A, beta-karoten, dan fitokimia yang bekerja melawan radikal bebas. Vitamin C mengais radikal bebas penyebab penyakit dan bertindak sebagai garis pertahanan penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ini juga merangsang produksi sel darah putih, yang mencari dan menghancurkan basil berbahaya, virus, dan zat beracun lainnya atau benda abnormal yang mungkin telah menemukan jalan mereka ke dalam fatwa darah kita.

15. Mengurangi Dehidrasi. Kandungan air dalam blewah membuatnya menjadi kudapan yang mahir di trend panas lantaran mencegah dehidrasi. Ini ialah alasan utama mengapa muskmelons disertakan sebagai kudapan di piknik trend panas.

16. Maag. Konsumsi jus blewah secara teratur sanggup mengobati kurang nafsu makan, maag, dan abuh susukan kemih.

17. Sumber vitamin A. Kandungan vitamin A dalam blewah menjaga kesehatan mata dan kulit.


18. Perawatan Kulit. Blewah mengandung diet beta-karoten yang memastikan tidak ada toksisitas overdosis atau vitamin A lantaran tubuh hanya mengubah sebanyak yang dibutuhkannya, tidak ibarat suplemen; Sisanya tetap sebagai beta karoten untuk melawan penyakit sebagai antioksidan. Jumlah yang bermetamorfosis vitamin A memasuki kulit dan merangsang selaput sel kulit dan meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan. Ini melindungi membran kulit dari racun berbahaya yang secara prematur menua kulit. Krim vitamin A juga dipakai sebagai salep untuk iritasi dan kemerahan pada kulit, lantaran sifatnya yang menenangkan secara alami.

Lihat juga : Manfaat dan Kandungan Buah Delima

19. Meredakan Setres dan Kecemasan. Kalium ialah salah satu nutrisi penting yang ditemukan di blewah, dan telah terhubung menjadi vasodilator, yang berarti melemaskan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Peningkatan kadar tekanan darah sanggup bertindak sebagai stressor pada tubuh dan bahkan bisa memicu pelepasan hormon stres ibarat kortisol. Kalium juga meningkatkan fatwa darah dan oksigen ke otak, yang menginduksi sensasi menenangkan dan perilaku yang lebih rileks. Plus, mengurangi adanya hormon stres dalam tubuh bisa mengurangi tanda-tanda kegelisahan.

20. Janin sehat. Blewah juga mengandung asam folat, yang diharapkan janin sehat.

21. Mengobati Radang sendi. Fitokimia yang kami bicarakan sebelumnya juga mempunyai kualitas anti-inflamasi. Ini berarti bahwa mempunyai blewah dalam makanan Anda sanggup membantu mencegah stres oksidatif pada sendi dan tulang Anda, sehingga mengurangi peradangan. Peradangan kronis pada area vital ini sanggup menimbulkan kondisi ibarat artritis, jadi pastikan untuk menambahkan banyak makanan yummy ke diet Anda jikalau Anda merasa berderit di sekitar sendi.

22. Kanker rahim. Blewah juga sanggup mencegah kanker leher rahim dan osteoporosis. Ini nih buah yang penting bagi wanita.

Efek samping buah blewah


Tidak terdapat pengaruh samping yang serius dari buah yang satu ini. Jarang ditemukan masalah alergi terhadap blewah, meskipun ini masih mungkin terjadi.


Yang perlu diperhatikan ialah kepingan kulit luar dari buah blewah rentan terhadap kontaminasi oleh basil dari lingkungan sekitarnya. Meskipun basil ini tidak masuk ke dalam buah tetapi sanggup berpindah ke alat - alat dapur yang digunakan.


 Oleh lantaran itu, pastikan buah ini benar - benar higienis dahulu sebelum dikupas. Jika masih ada sisa yang lalu ingin dimakan, maka masukkan ke kulkas terlebih dahulu sebelum dikonsumsi lagi dan jangan dikonsumsi jikalau sudah terbuka lebih dari 1 minggu.