Rabu, 21 Agustus 2019

Modifikasi Ringan Mesin RX King Supaya Gahar

Hallo sahabat semua pecinta motor 2 tak RX King 135cc, memang gak ada habis-habisnya kalau ngupas si raja, tapi kali ini ane mau berbagi tips  biar si raja makin galak dan gahar di jalanan dengan mempertahankan durabilitas dan ketahanan mesin. berikut tips singkat Modifikasi Ringan Mesin RX King Supaya Gahar.

Hilangkan busa saringan udara


Ya, busa sekat udara yang menuju karbu, memang bikin pengap, dengan di copot busa ini, maka udara makin luwes masuk kedalam karbu dan langsung meluncur menuju intake tanpa hambatan.


Ganti knalpot

Dalam motor 2 tak, knalpot berpengaruh besar terhadap tenaga motor, ganti dengan model 3v3, atau telo. Tapi kalau ingin mempertahankan tampilan aslinya, tinggal bobok aja knalpot originalnya, buang sekatnya, dan konsultasi  aja ke tukang knalpotnya. Ini bertujuan supaya aliran exhaust lebih lancar atau free flow.


Ganti koil

Untuk pengapian yang lebih sempurna, ganti koil ente, pake koil YZ, mengapa koil YZ? Ya karena koil ini emang mujarab buat pecinta kecepatan. Bagaimana kalau koil RM? Ya ini juga yahud, tapi buat rpm tinggi enakan pake YZ. Dan kalo masalah CDI? Oke, banyak yang nanya nih.. tapi menurut ane, kombinasi koil YZ ama CDI ori kingnya juga udah nyaman buat maen betot gas, temen ane kebanyakan banyak yang mati CDI nya ketika bulan ke 3-4 karena pake CDI Racing, dan cdi ane masih idup-idup aje ampe sekarang.


Pakai packing yang tipis buat blok

Ganti  packing blok seher ente, menjadi yang lebih tipis, ini bertujuan supaya , pembakaran semakin sempurna, bahkan ada yang tidak pakai packing sama sekali, cukup di lem.


“Kalau papras head gimana bray? “

Wah, kalo ini menurut ane sedikit mempertaruhkan durabilitas mesin, kenapa? Karena ini memang langkah  yang instan buat menaikkan kompresi tanpa kompromi. Untuk king harian, tidak ada masalah dengan papras head, untuk sehari-hari, 0,5 mm ane rasa udah pas banget, tapi kalo kingnya sering di ajak jalan-jalan lintas kota kaya king ane, mendingan jangan di papras, efek lain dari papras head yaitu, suara mesin sering mengelitik, itu tandanya seher dan busi ampir mentok dan kompresi nya besar, tapi bisa di akali dengan memperbanyak aliran oli samping biar nanti seher gak macet, dan efek yang parah yaitu seher macet, busi leleh, seher totos atau packing cepet bocor, ini di sebabkan karena overhating. Kebayang kalo lagi touring seher totos bro, waduh, berabe banget.


Memang kompresi makin naik, suara makin gahar tapi efeknya juga gak main-main bro.


Ganti kampas kopling

Ganti kampas kopling menggunakan L2S super dan kampas RX-KING, pemasangan di selang-seling,masing-masing 3 bh.


Ganti per kopling

Supaya sedikit galak, perkuplingnya juga di ganti bro, ane sendiri pake perkopling kawahara, harganya sekitar 150 ribu, kalau pingin hemat, bisa juga pake perkopling satria FU, Cuma menurut ane sedikit berabe,soalnya gak langsung pakai.  Jadi gak ada review dari ane soal pemasangan perkopling pakai perkopling satria FU.


Ganti busi

Ganti busi standar menjadi NGK Power, dengan  sudut busi yang runcing pembakaran menjadi semakin terarah.


Gas spontan

Ini, gak ada efeknya buat mesin, efeknya Cuma mempercepat putaran skep biar bensin makin cepat nyerbu ruang kompresi,ane pakai gas spontan daytona, harganya berkisar 100 ribu, pas lah buat kantong. Pakai grip ori gimana? Ya, sama aja, gak ngefek. Cuma buat jarak jauh, lebih enak pakai gas spontan.  Banyak anak-anak recing KW-an yang beranggapan bahwa gas spontan bikin motor makin cepet,duh ni anak belajar dari mana..?


Copot aki

Dalam kecepatan tinggi, arus listrik motor ada yang di salurin buat ngecharge aki. Nah,   kalo aki di lepas maka arus akan semakin besar, ini terasa ketika putaran bawah menujut putaran atas, efeknya  bohlam depan suka cepat putus. Eits, masih bisa di akali bray, yaitu dengan pakai bohlam yang watt nya lebih gede.


Ganti lidah membran

Kebanyakan temen ane, mengganti lidah valve nya menjadi pake karbon. Memang ada efeknya,tapi umurnya enggak tahan lama, biasanya 3 bulan udah rompol tuh lidahnya. Karena ane kemasuk orang yang gak mau ribet, ane cukup pake oriannye aje..


Ada juga yang pake membranya rx-z, untuk teknik ini, lubang intake harus di perbesar dulu biar bisa masuk. Kalo ente punya tabungan lebih, mending jajal aja pake membran vforce 4. Ane udah yakin kalo pake membran ini pasti si raja makin galak gak ketulungan, soalnya ane udah liat sendiri efek dari membran ternama ini.


Ubah setelan Gear

Untuk setelan gear, ane pake setelan 15/37 .  Ya, ane ngejar akselerasi, buat topspeed bisa juga pake setelan 15/36. Dan ane pakai ring 17.

Setting karbu

Nah, ini penting nih, semakin banyak nya campuran bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar, maka semakin besar juga tenaga yang keluar, naikkan spuyer terus setting ulang. Kalo budget melimpah, ente bisa juga beli lagi karbu pwk, belilah karbu yang venturinya makin besar dari ukuran venturi yang  original, misal berukuran 28,atau kalo kurang, bisa 32. Tapi perlu di sesuaikan juga dengan spek mesin, jangan terlalu gede. Kalo karbu pe? Bagus juga bro, tapi enakkan pake pwk, kekurangan pwk yaitu kagak bisa di stel irit.  Tapi sebanding lah sama  akselerasi.

Rubahan segini aja udah cukup menurut ane, masih banyak tips yang lain, masih banyak sodara. Tapi ingat, disini rubahan nya tetep mempertahankan ketahanan mesin. Dan tips ini udah mumpuni buat bikin si raja makin ganas. Ini udah enak buat di pake jajal tempat – tempat wisata, dan ane  paling ampun kalo bawa si raja kalo macet,  akselerasinya yang  galak   kadang bikin ane kewalahan.dikit-dikit ngajlok, dikit-dikit standing hahaha.. ban depan ane ngangkang terus bray...

Sekian dulu tips dari ane, mohon maaf kalo ada kesalahan,kritik ama sarannya ane tunggu. Salam satu asap nggooouk’s.