Rabu, 28 Agustus 2019

Oli Samping Yang Bagus Buat Motor RX King

Buat pecinta motor rx king maupun motor 2 tak lainnya, kali ini mimin akan bahas tentang oli samping apa yang bagus buat motor kalian. perawatan motor 2 tak sebenernya simpel sih.. paling yang bikin ribet masalah 2tak cuma di pengapian,itu pun jarang banget. Kalo soal mesin,selama gue megang rx-king belum pernah ada kendala.

Untuk perawatan mesin 2tak gak bakal lepas dari yang namanya oli samping. Ya,oli samping. Sampe sekarang masih banyak yang bingung buat milih oli samping yang bagus.

Menurut ane sendiri hampir semua oli samping bagus sih.. sebagus apapun merk oli samping, kalo penggunaannya di irit-irit,dalam artian dikurangin dari takaran semestinya pasti seher cepet kena. Gak peduli ente make oli samping semahal apapun,kalo diisi lima liter pertalite dan oli samping nya cuma di kasih dua tutup botol larutan  ya percuma bro, yang ada pas di geber bisa baret tuh dinding boringan, di tambah umur stang seher juga makin pendek. Saran gue,borosin dikit. Daripada nanti boring cepet oversize,sayang juga. Gue juga dulu begitu, dari oversize 50 jadi langsung 100.

Bicara kualitas,ada dua oli samping yang lebih baik anda hindari menurut gue.

Pertama, Oli Samping Orange

Oli Samping Orange

Jujur ini oli samping baunya wangi,dan pas lah kalo buat malem mingguan. Tapi gak begitu bagus kalo buat kesehatan seher ama blok mesin.

Kedua, Oli Samping Evalube
 
Oli Samping Evalube

Gue pernah make ni oli waktu kehabisan oli samping di Tangerang,gimana rasanya? Mesin gue menggelitik. Padahal udah gue campur langsung ke tangki ama di wadah oli samping juga. Bukannya bilang jelek,tapi kalo buat perjalanan jauh kayanya kurang cocok. Suara mesin pun kasar banget.

Gue sendiri sekarang pake castrol, kekurangannya sih paling keraknya suka susah banget di bersihinnya. Gue juga pernah nyoba pake gasoline,eneos, ama motul. Tapi rasanya gak jauh beda. Gue saranin minimal standar oli samping Jaco fc, lebih bagus lagi yang Jaco fd, tapi yaitu,harganya menggila bro..
Sebanding lah,ada harga ada kualitas.

Tapi kalo gak pengen punya urusan  ama kerak,gue saranin pake shell. Ini oli samping yang paling dikit ngehasilin kerak yang pernah gue coba.  Gak tau sedulur kinger mungkin ada masukan buat oli samping yang lebih bagus. Ini cuma pengalaman gue aja.


Kalo motor king lo masih pake pompa oli,berarti santai. Tapi kalo uda di copot,gue saranin rasio campurannya sebanyak 1:33 apalagi yang doyan dipake ngebut. Yang artinya satu liter bensin di campur 33ml oli samping. Sukur-sukur di tambahin dikit lagi. Biar mesin awet.
 Tapi jangan kebanyakan juga,soalnya busi bakalan cepet mati. Gue aja dulu tiap 2 bulan,busi pasti suka mati. Tapi sekarang sudah enggak, soalnya sekarang di takar, satu liter biasanya di campur 35-40ml lah,tergantung itu motor mau di pake kenceng apa santai.

  Dan jangan nyoba ngurangin takaran oli samping kurang dari 30ml,apalagi kalo buat geber-geberan.  Gak kebayang kan gimana rasanya kalo lagi kenceng-kencengnya motor lo ceket di tengah jalan?